Sahid

Buah Pikiran dan Uneg-uneg

Mari Bertoleransi !!!


Setiap orang pasti meyakini, kalau dunia ini pasti berputar, dan akan mengalami masa-masa penting dalam menghadapi rintangan-rintangan hidup dan mengancam masa depannya. Dalam kondisi semacam inilah yang harus kita waspadai, kita harus segera menyatukan barisan menjauhkan perpecahan, dan menghindari fanatisme mazhab sangat dibutuhkan. Dulu memang pernah terjadi perselisihan antar umat, tapi sepertinya isyu-isyu itu mulai diangkat lagi, untuk memulai perselisihan antar umat. Jika demikian, sudah bukan waktunya lai untuk ajang perdebatan tentang perselisihan-perselisihan tersebut, melainkan mencari titik temu dari akar sebuah masalah.

Setiap dari kita mengimani adanya Allah Yang Maha Esa, risalah Nabi Muhammad SAW, hari Akhir dan al-Qur’an serta Sunah Nabi yang merupakan sumber hukum syariat dan kecintaan terhadap keluarga Nabi, yang disepakati oleh kaum muslimin.

Jika sudah ada kesaman-kesamaan itu, berarti menjadi rujukan yang kuat untuk menjadikan kasih sayang antar umat Islam tercapai. Minimal untuk bisa hidup berdampingan di antara mereka dengan berlandaskan saling menghormati dan menjahui keluh kesah dan kerumetan mazhab.

Oleh sebab itu, orang yang memiliki kemampuan dan semangat dalam hal itu haruslah mengeluarkan kemampuannya untuk mempersatukan umat Islam dan meminimalisir percekcokan yang hanya lahir dari segelintir orang demi kepentingan pribadi atau kelompok.

Namun yang sangat disayangkan, sebagian orang melakukan sebaliknya. Berusaha untuk melakukan perpecahan dengan isyu-isyu mazhab. Usaha-usaha mereka semakin jelas untuk merusak persatuan kaum muslimin, mereka menampilkan perbedaan dan menyebarluaskan. Bahkan dengan berbagai cara, mereka menyebarkan perbedaan-perbedaan itu melalui media-media demi tujuan mereka tercapai, tentunya menjatuhkan Mazhab tertentu. Mengurangi hak-hak pengikut Mazhab tertentu dan mengancam orang yang tidak mengikuti paham mereka.

“Semoga setiap orang mampu memberikan kebaikan dan perbaikan terhadap umat ini”

0 Komentar untuk "Mari Bertoleransi !!!"

Bagaimana Pendapatmu? Silahkan isi komentarmu. Terimakasih

 
Copyright © 2014 Sahid - All Rights Reserved
Template By Catatan Info